i PENGARUH METODE PAIRED STORY TELLING (BERCERITA BERPASANGAN) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN GUGUS I KECAMATAN SELAPARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Winda, Enggelina Kusuma (2020) i PENGARUH METODE PAIRED STORY TELLING (BERCERITA BERPASANGAN) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN GUGUS I KECAMATAN SELAPARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
WINDA ENGGELINA KUSUMA (E1E216207).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Paired Story Telling (Bercerita Berpasangan) Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Selaparang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini sebanyak 222 siswa yang terdiri dari 6 sekolah. Penelitian ini menggunakan teknik sampling non probability sampling dengan cara pengambilan sampel yaitu purposive sampling dimana SDN 26 Mataram sebagai kelas (eksperimen) dan SDN 32 Mataram sebagai kelas (kontrol) yang berjumlah 49 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan tes keterampilan berbicara. Data keterampilan berbicara dianalisis menggunakan uji-t (t-test) Polled Varians dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil hitung analisis statistik t-test diperoleh hasil thitung>ttabel pada pretest dan posttest kelas kontrol dan eksperimen. Pretest kontrol dan eksperimen mendapat nilai yaitu 3,16 > 1,678 pada taraf siginifikansi 5%. Sedangkan posttest kontrol dan eksperimen yaitu 3,76 > 1,678 pada taraf signifikansi 5%, maka H0 (hipotesis nihil) yang diajukan ditolak dan sebaliknya Ha (hipotesis alternatif) diterima dan hal ini menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan berbicara sebelum diberikan perlakuan dengan sesudah diberikan perlakuan dengan metode Paired Story Telling (Bercerita Berpasangan). Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh metode Paired Story Telling (Bercerita Berpasangan) Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Selaparang Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Metode Paired Story Telling, Keterampilan Berbicara.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Dec 2020 00:29
Last Modified: 14 Dec 2020 00:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19969

Actions (login required)

View Item View Item