ANALISIS PENGENALAN POLA DAUN BERDASARKAN FITUR CANNY EDGE DETECTION DAN FITUR GLCM MENGGUNAKAN METODE KLASIFIKASI K-NEAREST NEIGHBOR(K-NN)

Azizah, Arif Paturrahman (2020) ANALISIS PENGENALAN POLA DAUN BERDASARKAN FITUR CANNY EDGE DETECTION DAN FITUR GLCM MENGGUNAKAN METODE KLASIFIKASI K-NEAREST NEIGHBOR(K-NN). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan Tugas Akhir - F1D016013.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Daun merupakan bagian dari tubuh tumbuhan yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi jenis dari tumbuhan. Klasifikasi daun ini dapat dilakukan dengan cara pengenalan pola bentuk struktural dan juga tekstur dari citra daun tersebut. Klasifikasi citra daun ini berdasarkan fitur canny edge detection dan fitur Gray- Level Co-occurence Matrix (GLCM) dengan menggunakan metode klasifikasi k- Nearest Neighbor (kNN). Data yang digunakan sebanyak 350 citra daun dengan 7 spesies yang berbeda. Hasil pengujian yang telah dilakukan dari kedua metode yaitu fitur canny edge detection classifier menghasilkan akurasi 80% dan metode GLCM classifier menghasilkan akurasi 93,3%, serta dilakukannya penggabungan kedua metode menghasilkan akurasi klasifikasi 98%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, dengan dilakukan penggabungan kedua fitur canny edge detection dan GLCM dengan metode klasifikasi kNN menghasilkan akurasi yang baik dalam mengidentifikasi citra daun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci -- daun, canny edge detection, gray-level co-occurence matrix (GLCM), k-nearest neighbor (kNN).
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Dec 2020 00:29
Last Modified: 14 Dec 2020 00:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19970

Actions (login required)

View Item View Item