EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH KAWASAN BERSIH DAN HIJAU DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI SMP NEGERI 1 LABUAPI

TUTI, APRIANI (2020) EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH KAWASAN BERSIH DAN HIJAU DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI SMP NEGERI 1 LABUAPI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI - TUTI APRIANI _E1B016056.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi implementasi program sekolah kawasan bersih dan hijau dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan dengan menggunakan model CIPP di SMP Negeri 1 Labuapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis evaluasi. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek context dari program sekolah kawasan bersih dan hijau telah tercapai, hal ini ditunjukkan dengan adanya visi, misi, dan tujuan SMP Negeri 1 Labuapi yang sudah memuat karakter peduli lingkungan dan sudah terealisasikan kepada seluruh warga sekolah. Aspek input telah tercapai, hal ini ditunjukkan dengan semua personil sekolah ikut terlibat dalam kegiatan peduli lingkungan, sekolah membutuhkan beberapa alat pendukung untuk menunjang terlaksananya program, anggaran yang digunakan berasal dari dana BOS, dan strategi yang dilakukan adalah komitmen bersama, kesadaran diri, disiplin, peduli dengan teman dan lingkungan, dan bertanggung jawab. Aspek process belum tercapai, hal ini ditunjukkan dengan terdapatnya beberapa kegiatan dari program tersebut yang tidak terlaksana, beberapa kegiatan belum sesuai dengan waktu yang telah direncanakan, dan terdapat pula beberapa kegiatan yang masih membutuhkan sarana dan prasarana yang mendukung. Aspek product telah tercapai, hal ini ditunjukkan dengan diraihnya berbagai prestasi yang berkaitan dengan karakter peduli lingkungan dan sikap seluruh warga sekolah di SMP Negeri 1 Labuapi mengalami perubahan. Faktor pendukung dalam menunjang terlaksananya program sekolah kawasan bersih dan hijau, diantaranya aspek anggaran sudah mendukung, sarana dan prasarana sudah mulai mendukung, walaupun masih terdapat beberapa sarana dan prasarana yang masih belum memadai, sekolah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak. Faktor penghambat dalam pelaksanaan program sekolah kawasan bersih dan hijau, diantaranya dari aspek sumber daya manusia, masih terdapat guru dan siswa yang kurang disiplin, masih perlu untuk ditegur, dan diingatkan; membutuhkan usaha yang lebih untuk memotivasi dan mengingatkan guru maupun siswa untuk selalu peduli terhadap lingkungan; dan pihak-pihak terkait tidak memenuhi permintaan sekolah apabila mengajukan proposal kegiatan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Evaluasi, CIPP, program sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Dec 2020 00:29
Last Modified: 14 Dec 2020 00:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19972

Actions (login required)

View Item View Item