ETNOBOTANI MASYARAKAT DESA ADAT DUSUN DASAN BELEQ GUMANTAR KABUPATEN LOMBOK UTARA UNTUK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA

Nurul, Hidayah (2020) ETNOBOTANI MASYARAKAT DESA ADAT DUSUN DASAN BELEQ GUMANTAR KABUPATEN LOMBOK UTARA UNTUK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURUL HIDAYAH (E1A016055).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Masyarakat Desa Adat Dusun Dasan Beleq Gumantar Kabupaten Lombok Utara mempunyai interaksi yang sangat kuat dengan alam dan lingkungan sekitarnya. Interaksi tersebut melahirkan kearifan lokal dalam mengelola sumberdaya alam agar dapat bermanfaat secara berkesinambungan sebagai kajian Etnobotani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah spesies dan bagian-bagian tumbuhan serta cara pengolahan tumbuhan yang dimanfaatkan oleh masyarakat beserta keterkaitannya terhadap pengembangan bahan ajar Keanekaragaman Hayati di SMA. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi langsung dan FGD (Focus Group Discussion). Analisis data dilakukan secara deskriptif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan spesies tumbuhan oleh masyarakat Desa Adat Dusun Dasan Beleq Gumantar Kabupaten Lombok Utara teridentifikasi sebanyak 78 spesies, meliputi 27 spesies untuk bahan obat-obatan, 37 spesies untuk pangan, 13 spesies untuk ritual adat, 15 spesies untuk kerajinan dan 3 spesies tanaman hias. Masyarakat Desa Adat Dusun Dasan Beleq Gumantar Kabupaten Lombok Utara memanfaatkan seluruh bagian tumbuhan yaitu akar, batang, daun, bunga, buah, biji, pelepah, umbi akar, umbi batang, kulit, rimpang dan tempurung. Cara pengolahan dari bagian-bagian spesies tumbuhan tersebut melalui 7 cara pengolahan yang masih sederhana antara lain ditumbuk, direbus, diperas, dibakar, digoreng, disangrai, dan dikunyah. Pemanfaatan tumbuhan oleh masyarakat Desa Adat Dusun Dasan Beleq Gumantar Kabupaten Lombok Utara dengan pengemangan bahan ajar materi Keanekaragaman Hayati di SMA terkait erat dengan pencapaian indikator kompetensi keanekaragaman tingkat jenis (spesies), manfaat keanekaragaman hayati Indonesia (lokal) dan upaya pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Etnobotani, Desa Adat Dusun Dasan Beleq Gumantar, Keanekaragaman Hayati
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Dec 2020 00:29
Last Modified: 14 Dec 2020 00:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19973

Actions (login required)

View Item View Item