ANALISIS KESULITAN GURU PADA PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN MALUK KABUPATEN SUMBAWA BARAT

Yuni, Ariesca (2020) ANALISIS KESULITAN GURU PADA PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN MALUK KABUPATEN SUMBAWA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_YUNI ARIESCA_E1E016159.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia saat ini telah mengalami perubahan yang sangat signifikan. Hal ini dikarenakan adanya penyebaran sebuah virus yang diberi nama virus korona yang dapat menyebabkan suatu penyakit yang dinamakan Covid-19. Untuk mencegah penularan penyakit ini secara lebih luas pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan salah satunya kebijakan yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020. Berdasarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 yang mengatur jalannya proses belajar mengajar dari rumah dilaksanakan dengan ketentuan-ketentuan salah satunya belajar dari rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan guru pada pembelajaran berbasis online di sekolah dasar negeri se-kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat. Pendekatan yang digunakangdalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang secara spesifik menggunakanpenelitianjenis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data model interaktif dari Miles &Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan guru pada pembelajaran berbasis online di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Guru mengalami kesulitan berupa: (1) kesulitan dalam menentukan jenis penilaian; (2) kesulitan dalam menyampaikan materi; dan (3) kesulitan dalam mengevaluasi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kesulitan Guru, Pembelajaran Berbasis Online.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Dec 2020 00:30
Last Modified: 14 Dec 2020 00:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19976

Actions (login required)

View Item View Item