PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBANTUAN MEDIA PAPAN FLANNEL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 02 SILA TAHUN AJARAN 2020/2021

Raty, Wulandari (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBANTUAN MEDIA PAPAN FLANNEL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 02 SILA TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RATY WULANDARI sidang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum learning berbantuan media papan flannel terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 02 Sila tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design tipe One grup pre-test post-test design dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02 Sila yang berjumlah 27 siswa sebagai kelompok eksperimen. Data yang diperoleh, dianalisis dengan uji t dua pihak pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis, diperoleh thitung sebesar 6,74 sedangkan ttabel sebesar 2,01. thitung > ttabel dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan hasil belajar kelompok eksperimen, yang dimana hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada hasil belajar kelompok eksperimen setelah diberikan perlakuan model pembelajaran quantum learning berbantuan media papan flannel. Hasil perhitungan t-test diperoleh nilai yaitu 6,74 > 2,01 pada taraf signifikansi 5% yang membuktikan bahwa ada pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Quantum Learning dengan berbantuan media papan flannel terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 02 Sila tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Model Quantum Learning, Media Papan Flannel, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Dec 2020 03:40
Last Modified: 14 Dec 2020 03:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19980

Actions (login required)

View Item View Item