IDENTIFIKASI TANTANGAN YANG DIHADAPI GURU DALAM PELAKSANAAN PENILAIAN PEMBELAJARAN DI KELAS INKLUSIF SDN 1 GEMEL DAN SDN BATUTULIS

Yuraeda, Mufidah (2020) IDENTIFIKASI TANTANGAN YANG DIHADAPI GURU DALAM PELAKSANAAN PENILAIAN PEMBELAJARAN DI KELAS INKLUSIF SDN 1 GEMEL DAN SDN BATUTULIS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Yuraeda Mufidah_E1E016160_PGSD_FKIP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi tantangan yang dihadapi guru dalam pelaksanaan penilaian pembelajaran di kelas inklusif SDN 1 Gemel dan SDN Batutulis. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Narrative Inquiry. Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data Model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan yang dihadapi oleh guru yaitu sebagai berikut: 1) Kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti penilaian pembelajaran. 2) Modifikasi instrumen penilaian pembelajaran yang tepat bagi siswa ABK dan reguler. 3) Menyusun Instrumen penilaian sesuai kemampuan siswa yang beragam di kelas inklusif. 4) Kurangnya waktu yang tersedia untuk melakukan penilaian di kelas inklusi. 5) Tuntutan pelaksanaan penilaian pembelajaran yang objektif berdasarkan kemampuan siswa. Beberapa bentuk tantangan tersebut muncul disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: 1) Karakteristik siswa kelas inklusif yang beragam. 2) Pelatihan atau workshop yang belum merata. 3) Penyesuaian waktu, cara dan materi dalam pelaksanaan penilaian pembelajaran belum fleksibel. 4) Sarana dan prasarana yang masih kurang. Strategi guru dalam menghadapi tantangan penilaian pembelajaran di kelas inklusi yaitu sebagai berikut. (1) Mengajak siswa reguler menjadi relawan bagi siswa ABK. (2) Penilaian secara berkelompok. (3) Modifikasi instrumen penilaian yang tepat bagi siswa di kelas inklusif. (4) Penggunaan waktu yang fleksibel saat penilaian dilakukan. (5) Mengupgrade kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian pembelajaran di kelas inklusif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Tantangan Guru, Penilaian Pembelajaran, Pendidikan Inklusif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Dec 2020 01:41
Last Modified: 16 Dec 2020 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19998

Actions (login required)

View Item View Item