PENGARUH KONSENTRASI DAUN JAMBU BIJI PUTIH (Psidium guajava Linn) SEBAGAI ANTIMIKROBA GUNA MENINGKATKAN DAYA SIMPAN BAKSO DAGING SAPI PADA SUHU RUANG

Siti, Kurniawati (2020) PENGARUH KONSENTRASI DAUN JAMBU BIJI PUTIH (Psidium guajava Linn) SEBAGAI ANTIMIKROBA GUNA MENINGKATKAN DAYA SIMPAN BAKSO DAGING SAPI PADA SUHU RUANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SITI KURNIAWATI (B1D016264).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi daun jambu biji putih (Psidium guajava Linn) terhadap peningkatan jumlah bakteri bakso daging sapi pada suhu ruang. Menurut Standar Nasional Indonesia SNI 7388:2009 tentang batas maksimum cemaran mikroba dalam pangan menetapkan jumlah bakteri dalam pangan seperti daging olahan dan daging ayam olahan (bakso, sosis, nugget, burger) yaitu ALT (30°C, 72 jam) 1 x 105 koloni/g, APM Kaliform (10/g), APM Escherichia coli (<3/g), Salmonella sp.( Negatif/25 g), Staphylococcus aureus (1 x 102 koloni/g), Clostridium perfringens (1 x 102 koloni/g). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Ternak (TPHT) Fakultas Peternakan dan di Laboratorium Mikrobiologi dan Bioteknologi Fakultas Peternakan Universitas Mataram. Sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah bakso daging sapi dengan penambahan ekstrak daun jambu biji dengan konsentrasi yang berbeda, ada yang 0 cc, 1 cc, dan 2 cc. Pengamatan yang di lakukan yaitu uji TPC, Penampilan Fisik, serta uji Well Test. Metode analisa yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengakap (RAL) dengan 3 perlakuan serta 3 ulangan dan dilanjutkan dengan uji jarak ganda Duncan’s dengan program spss factorial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan ekstrak daun jambu biji putih (Psidium guajava Linn) terhadap bakso daging sapi tidak berpengaruh nyata (P>0,05) karena tidak mampu menghambat jumlah pertumbuhan bakteri akan tetapi pada masa simpannya berpengaruh sangat nyata (P<0,01). Jumlah pertumbuhan bakteri dari hari ke 0 sampai dengan hari ke 4 semakin meningkat dengan total bakteri rata-rata 2,13±0,17 (Log CFU/g) untuk konsentrasi 0 cc, 4,68±0,06 (Log CFU/g) untuk konsentrasi 1 cc, dan 7,63±0,15 (Log CFU/g) untuk konsentrasi 2 cc. Kesimpulannya Konsentrasi daun jambu biji putih (Psidium guajava Linn) tidak mampu menghambat pertumbuhan bakteri pada penyimpanan temperatur kamar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Bakso, daun jambu biji putih, uji TPC.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Dec 2020 01:41
Last Modified: 16 Dec 2020 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20000

Actions (login required)

View Item View Item