NILAI PENDIDIKAN DALAM BUDAYA PERKAWINAN MASYARAKAT SUMBAWA DI KECAMATAN ALAS : KAJIAN SEMIOTIKA PERSPEKTIF ROLAND BARTHES

Anita, Shianti (2020) NILAI PENDIDIKAN DALAM BUDAYA PERKAWINAN MASYARAKAT SUMBAWA DI KECAMATAN ALAS : KAJIAN SEMIOTIKA PERSPEKTIF ROLAND BARTHES. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Masalah utama yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah bagaimanakah nilai pendidikan yang terdapat dalam budaya perkawinan masyarakat Sumbawa di Kecamatan Alas menggunakan kajian kajian semiotika perspektif Roland Barthes. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan yaitu metode dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunaka dalam penelitian ini yaitu menggunakan bagan semiotika Roland Barthes. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat delapan leksia yang menjadi penanda pada proses perkawinan Sumbawa. Disetiap penanda terdapat berbagai nilai pendidikan diantaranya, Penanda pertama (bajajag) terdapat nilai religius yaitu memuliakan wanita, penanda kedua (bakatoan) terdapat nilai kekeluargaan, penanda ketiga (basaputes) terdapat nilai kekeluargaan, penanda keempat (bada’) terdapat nilai penghormatan, penanda kelima (nyorong) terdapat nilai penghormatan dan gotong royong, penanda keenam (barodak) terdapat nilai religius yaitu keikhlasan, penanda ketujuh (nikah) terdapat nilai kekeluargaan dan nilai religius, kemudian yang terakhir penanda kedelapan (tokal basai) terdapat nilai kekeluargaan dan nilai kepedulian.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : budaya perkawinan Sumbawa, nilai pendidikan, semiotika dan semiotika Roland Barthes
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Dec 2020 05:58
Last Modified: 16 Dec 2020 05:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20006

Actions (login required)

View Item View Item