ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN KEDAI KOPI JANJI JIWA DI KOTA MATARAM

Mutia, Dekayanti (2020) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN KEDAI KOPI JANJI JIWA DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MUTIA DEKAYANTI 2020_compressed(1)-dikompresi(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (897kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen kopi Janji Jiwa, (2) untuk menganalisis proses pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen, (3) untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kopi Janji Jiwa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Karakteristik konsumen pada kedai kopi Janji Jiwa mayoritas konsumen berdomisili di Kecamatan Mataram yang sebagian besar berusia 17-26 tahun berjenis kelamin perempuan dengan status perkawinan belum menikah, latar belakang pendidikan terakhir setara SMA/SMK, masih berprofesi sebagai mahasiswa dengan pendapatan perbulan sebesar Rp. 500.000- Rp. 1.000.000. (2) Konsumen termotivasi mengunjungi kopi Janji Jiwa karena sebagai pecinta kopi, dan menikmati produk karena rasanya yang enak. Konsumen mendapatkan informasi mengenai kopi Janji Jiwa dari sosial media, dan memutuskan memilih kopi Janji Jiwa karena kualitas pelayanan yang ramah dan sopan, selain itu kopi Janji Jiwa pun menawarkan tempat yang nyaman. Konsumen melakukan kunjungan ke kopi Janji Jiwa secara direncanakan pada malam hari (18.00-22.00), dengan hari yang tidak tentu dan frekuensi kunjungan sebanyak 1-2 kali dalam sebulan. Rata-rata pengeluaran konsumen untuk membeli produk Janji Jiwa adalah sebesar Rp. 20.001- Rp. 30.000. Dengan begitu konsumen Janji Jiwa merasa puas dan berminat untuk datang kembali. (3) Nilai Customer Satisfaction Index (CSI) kopi Janji Jiwa sebesar 86,60 persen yang menunjukkan bahwa secara keseluruhan konsumen sudah merasa sangat puas. Pihak Janji Jiwa dapat terus meningkatkan kepuasan konsumen dengan cara meningkatkan dan memperbaiki kinerja atribut. Untuk menentukan prioritas perbaikan terhadap atribut dengan metode Importance Performance Index (IPA). Atribut yang perlu diperbaiki berada pada kuadran I yaitu pelayan mengetahui jenis- jenis menu, selain itu perusahaan juga mampu mempertahankan dan meningkatkan atribut yang berada pada kuadran II pertahankan posisi yaitu sikap pelayanan ramah dan sopan dalam pelayanan terhadap konsumen sebagai pilihan utama dalam perbaikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Kepuasan Pelanggan, CSI, IPA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Dec 2020 05:58
Last Modified: 16 Dec 2020 05:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20011

Actions (login required)

View Item View Item