PENGARUH UMUR PINDAH TANAM TERHADAP SIFAT KUANTITATIF PADA TANAMAN OKRA (Abelmoschus esculentus (L.) Moench) VARIETAS ZAHIRA IPB

Mariana, Mariana (2020) PENGARUH UMUR PINDAH TANAM TERHADAP SIFAT KUANTITATIF PADA TANAMAN OKRA (Abelmoschus esculentus (L.) Moench) VARIETAS ZAHIRA IPB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Umur pindah tanam dapat berpengaruh terhadap beberapa sifat kuantitatif tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh umur pindah tanam bibit terhadap sifat kuantitatif pada tanaman okra (Abelmochus esculentus (L.) varietas Zahira IPB. Satu percobaan dilakukan di Desa Penujak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat dari bulan Maret sampai Juni 2020. Perlakuan umur pindah tanam yang diuji adalah: tanpa pindah tanam, umur pindah tanam bibit 5 hari, 10 hari, 15 hari dan 20 hari setelah semai. Rancangan Percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok dengan empat ulangan. Hasil percobaan menunjukkan bahwa umur pindah tanam bibit okra varietas Zahira IPB memberikan pengaruh nyata terhadap beberapa sifat kuantitatif tanaman. Sifat-sifat kuantitatif yang dipengaruhi antara lain tinggi tanaman, jumlah daun, umur berbunga dan umur panen. Sementara itu, umur pindah tanam tidak berpengaruh nyata terhadap hasil dan komponen hasil tanaman okra. Ada perbedaan pengaruh antara perlakuan tanpa pindah tanam dengan pindah tanam. Di antara perlakuan pindah tanam yang diuji, umur pindah tanam terbaik didapatkan pada perlakuan umur pindah tanam bibit 20 hari setelah semai, terutama pada sifat kuantitatif tinggi tanaman, jumlah daun dan umur berbunga.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Hasil, jumlah daun, tinggi tanaman, umur berbunga, umur panen
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Dec 2020 03:45
Last Modified: 17 Dec 2020 03:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20029

Actions (login required)

View Item View Item