IMPLEMENTASI INTERNET OF THINGS (IOT) UNTUK PENGAWASAN DAN PENYIRAMAN OTOMATIS PADA BUDIDAYA CACING TANAH DENGAN PROTOKOL MQTT

Jamhur, Ghifari (2020) IMPLEMENTASI INTERNET OF THINGS (IOT) UNTUK PENGAWASAN DAN PENYIRAMAN OTOMATIS PADA BUDIDAYA CACING TANAH DENGAN PROTOKOL MQTT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Jamhur Ghifari_F1D015038_IMPLEMENTASI INTERNET OF THINGS (IOT) UNTUK PENGAWASAN DAN PENYIRAMAN OTOMATI~1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Cacing tanah (Lumrbricus rubellus) adalah cacing tanah yang memiliki kegunaan dan khasiat sebagai bahan dasar kosmetik dan obat obatan. Dengan adanya IoT (Internet of Things) maka dibuatlah rancangan alat sebagai pembantu pembudidaya dalam menjaga media hidup cacing tersebut sehingga tetap ideal yaitu dengan kelembaban tanah diatas 15%. Alat Yang dirancang memiliki kemampuan untuk mengontrol kelembaban dengan penyiraman otomatis berdasarkan pengamatan sensor dan juga web monitoring yang dapat menyimpan data dari waktu ke waktu juga pemanfaatan aplikasi Blynk sebagai aplikasi monitoring realtime. Penggunaan soil moisture sensor adalah pilihan yang tepat karena dapat membaca kelembaban dengan rata-rata tingkat error 6.72%, dengan penggunaan pompa celup yang cukup untuk mengalirkan air dan mengembalikan tingkat kelembaban dari 15% ke 64 % dalam waktu lima detik dan ke 76% dalam waktu satu menit. Aplikasi Blynk yang mendukung pengembangan IoT karena aplikasi yang sangat mudah digunakan dengan fitur yang lengkap dan website dengan protokol MQTT yang hemat daya dan cepat yang cocok digunakan untuk pengembangan IoT dengan sumber daya alat dengan spesifikasi tebatas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Lumbricus rubellus, IoT, Sensor Kelembaban, Blynk, MQTT
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Dec 2020 03:45
Last Modified: 17 Dec 2020 03:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20035

Actions (login required)

View Item View Item