PENGEMBANGAN METODE BERMAIN PERAN MIKRO MENGGUNAKAN WAYANG UNTUK MENINGKATKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI LINGKUNGAN LENDANG BEDURIK KELURAHAN SEKARTEJA TAHUN 2020

AINUNNISA’UL, HUSNA (2020) PENGEMBANGAN METODE BERMAIN PERAN MIKRO MENGGUNAKAN WAYANG UNTUK MENINGKATKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI LINGKUNGAN LENDANG BEDURIK KELURAHAN SEKARTEJA TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Ainunnisa'ul Husna (E1F016002) PG-PAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Bermain adalah sutau upaya untuk memperoleh kesenangan dan kepuasan dari setiap aktivitas yang dilakukan, sehingga dapat menstimulasi seluruh aspek perkembangan anak usia dini. Salah satu permainan yang dapat menstimulasi perkembangan sosial emosional anak adalah bermain peran mikro. Bermain peran mikro merupakan permainan yang menggunakan alat main berukuran kecil. Tujuan dari penelitian ini ialah mengembangkan metode bermain peran mikro menggunakan wayang yang dapat meningkatkan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di Lingkungan Lendang Bedurik Kelurahan Sekarteja tahun 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada pendapat Borg & Gall. Subjek penelitian ialah anak usia 5-6 tahun di Lingkungan Lendang Bedurik Kelurahan Sekarteja. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan FGD (Focus Group Discussion). Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Penelitian menggunakan tiga tahap pengembangan dengan enam kali pertemuan. Setiap tahap terjadi peningkatan dengan cara memodifikasi alat dan bahan, langkah-langkah main, serta aturan main. Hasil yang diperoleh pada tahap pengembangan I sebesar (46%). terjadi peningkatan di tahap pengembangan II dengan presentase sebesar (69,8% dan pada tahap pengembangan III mendapatkan presentase nilai sebesar (86,8%).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Bermain Peran mikro, wayang, sosial emosional
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Dec 2020 03:45
Last Modified: 17 Dec 2020 03:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20041

Actions (login required)

View Item View Item