KOMUNITAS CHLOROPHYTA SEBAGAI BIOINDIKATOR PENCEMARAN AIR DI BENDUNGAN PANDANDURI KECAMATAN TERARA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

ZIKRIAH, ZIKRIAH (2020) KOMUNITAS CHLOROPHYTA SEBAGAI BIOINDIKATOR PENCEMARAN AIR DI BENDUNGAN PANDANDURI KECAMATAN TERARA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ZIKRIAH (E1A016083).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak: Bendungan Pandanduri memiliki fungsi sebagai penopang air irigasi pertanian dan juga mendukung aktivitas masyarakat sehingga akan berpengaruh terhadap kualitas perairannya. Kualitas suatu perairan perlu dianalisis karena dapat mempengaruhi ekosistem perairan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pencemaran air di Bendungan Pandanduri berdasarkan komunitas fitoplankton dari Divisi Chlorophyta. Jenis penelitian adalah deskriptif eksploratif. Pengambilan sampel dilakukan di 5 stasiun yang dipilih dengan pertimbangan keterwakilan ekologis (haphazard). Data fitoplankton dianalisis menggunakan rumus kelimpahan, indeks keanekaragaman Shannon-Wiener, indeks keseragaman PIELOU dan indeks dominansi Simpson. Fitoplankton dari Divisi Chlorophyta yang ditemukan di Bendungan Pandanduri sebanyak 14 spesies yakni Pediastrum duplex var. Gracillimum, Gonium sp. 1, Gonium sp. 2, Coelastrum reticulatum, Scenedesmus acuminatus, Cosmarium sp., Chlamydomonas nasuta, Chlamydomonas sp., Selenastrum capricornutum, Monoraphidium dybowskii, Monoraphidium contortum, Monoraphidium irregulare, Westella botryoides dan Kirchneriella lunaris yang terdiri dari 4 ordo (Sphaeropleales, Chlorococcales, Chlamydomonadales dan Desmidiales) dan 10 genus (Pediastrum, Coelastrum, Scenedesmus, Gonium, Cosmarium, Chlamydomonas, Selenastrum, Monoraphidium, Westella dan Kirchneriella). Indeks keanekaragaman spesies sebesar 2,21 tergolong keanekaragaman sedang, indeks keseragaman spesies sebesar 0,83 yang menunjukkan pertumbuhan spesies merata dan indeks dominansi spesies menunjukkan tidak ada spesies yang mendominasi dengan nilai sebesar 0,12. Tingkat pencemaran air di Bendungan Pandanduri termasuk dalam kategori pencemaran sedang (oligotrofik).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Bendungan Pandanduri, Chlorophyta, Komposisi, Pencemaran air
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Dec 2020 02:19
Last Modified: 17 Dec 2020 02:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20044

Actions (login required)

View Item View Item