PENGARUH METODE STRUKTUR ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS 1 SDN 1 GERUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NOPITALIA, NOPITALIA (2020) PENGARUH METODE STRUKTUR ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS 1 SDN 1 GERUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NOPITALIA (E1E015073).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan pada peserta didik kelas 1 SDN 1 Gerung Selatan tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat secara teoritis maupun praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental tipe nonequivalent control group design. Metode pengumpulan data yaitu observasi, dan tes unjuk kerja. Observasi dapat memberikan berbagai data informasi yang diperlukan dalam penelitian, tes unjuk kerja digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan keterampilan membaca permulaan. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan rumus t-test polled varians untuk mengetahui adakah pengaruh dari pembelajaran menggunakan metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan. Berdasarkan hasil posttest, diperoleh skor rata-rata keterampilan membaca permulaan pada kelas eksperimen sebesar 12.96 dan kelas kontrol sebesar 11.00. Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil t hitung pada taraf signifikansi 5% sebesar 4.944, dan t tabel 2.014 sehingga dapat diketahui t hitung > t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa Ha dinyatakan diterima dan Ho dinyatakan ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari pembelajaran menggunakan metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas 1 SDN 1 Gerung Selatan tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) dan Keterampilan Membaca Permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Dec 2020 02:19
Last Modified: 17 Dec 2020 02:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20046

Actions (login required)

View Item View Item