PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKn DI MTs QAMARUL HUDA BAGU

KARTINI, HARIYANTI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKn DI MTs QAMARUL HUDA BAGU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI KARTINI HARIYANTI (E1B016027).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning dengan Tipe Student Fasilitator and Explaining terhadap kemampuan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PPKn di MTs. Qamarul Huda Bagu. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan jenis Nonequivalent Control grup design. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument test bentuk pilihan ganda sebanyak 30 item untuk mengukur hasil belajar siswa-siswa. Hasil belajar yang dicapai sebelum diberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel (pre test) Plebih rendah dibandingkan dengan setelah diberikan perlakuan (post test). Berdasarkan hasil analisi data yang diperoleh yakni t hitung = 3,306 dan t tabel = 1,667 dengan taraf signifikan 5%, maka t hitung > t tabel . Dengan demikian, Ha yang diajukan diterima artinya bahwa, ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PPKn di MTs Qamarul Huda Bagu

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Fasilitator and Explaining, Hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Dec 2020 07:13
Last Modified: 18 Dec 2020 07:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20068

Actions (login required)

View Item View Item