PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK KUNYIT PADA PAKAN BUATAN DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN EFISIENSI PEMANFAATAN PAKAN IKAN KAKAP PUTIH (Lates calcarifer)

LORA, SANTIKA (2020) PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK KUNYIT PADA PAKAN BUATAN DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN EFISIENSI PEMANFAATAN PAKAN IKAN KAKAP PUTIH (Lates calcarifer). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ikan kakap putih (Lates calcarifer, Bloch) merupakan salah satu komoditas budidaya laut unggulan di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa budidaya ikan kakap putih mempunyai prospek yang besar untuk dikembangkan. Namun, masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam melakukan kegiatan budidaya ikan kakap putih, salah satunya adalah masalah pemberian pakan yang berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan kualitas air akibat penumpukan pakan di dasar perairan. Sehingga berpengaruh terhadap performa pertumbuhan dan kelangsungan hidup kan. Adapun upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan meningkatkan daya cerna pakan. Sugih (2005) dalam Ahmadi et al. (2012) menyatakan bahwa adanya enzim pencernaan dalam tubuh ikan dapat meningkatkan daya cerna ikan terhadap pakan serta dapat memacu pertumbuhan ikan. Oleh karena itu, salah satu alternatif yang dapat dilakukan adalah dengan penambahan ekstrak kunyit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penambahan ekstrak kunyit pada pakan buatan dengan dosis yang berbeda terhadap pertumbuhan dan efisiensi pemanfaatan pakan ikan kakap putih (Lates calcarifer). Penelitian ini menggunakan benih ikan kakap putih yang berukuran 3-5 cm. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 kali ulangan, yaitu perlakuan A: penambahan 0% ekstrak kunyit (kontrol), perlakuan B: penambahan 0,10% ekstrak kunyit, perlakuan C: penambahan 0,15% ekstrak kunyit, perlakuan D: penambahan 0,20% ekstrak kunyit. Data yang diperoleh kemudian diuji menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) pada taraf kepercayaan 95%. Hasil analisis statistik yang menunjukkan pengaruh yang berbeda nyata, dilakukan uji lanjut Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan ekstrak kunyit pada pakan buatan dengan dosis yang berbeda dapat mempengaruhi pertumbuhan mutlak, pertumbuhan spesifik, efisiensi pemanfaatan pakan (EPP), konversi pakan/Feed Convertion Ratio (FCR), dan kelangsungan hidup (SR) (Lates calcarifer). Penambahan ekstrak kunyit dengan dosis 0,15% (perlakuan C) memberikan pengaruh pertumbuhan dan efisiensi pemanfaatan pakan ikan kakap putih terbaik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Ikan Kakap Putih, Ekstrak Kunyit, Pertumbuhan, Efisiensi Pemanfaatan Pakan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Dec 2020 03:44
Last Modified: 21 Dec 2020 03:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20078

Actions (login required)

View Item View Item