ANALISIS ISI BERITA HEADLINE GEMPA BUMI LOMBOK PADA SURAT KABAR LOMBOK POST DAN HARIAN KOMPAS EDISI 25 JULI – 25 AGUSTUS 2018

Alya, Dita Chairun Nisa (2020) ANALISIS ISI BERITA HEADLINE GEMPA BUMI LOMBOK PADA SURAT KABAR LOMBOK POST DAN HARIAN KOMPAS EDISI 25 JULI – 25 AGUSTUS 2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Alya Dita Chairun Nisa_L1B016007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Isi Berita Headline Gempa Bumi Lombok Pada Surat Kabar Lombok Post Dan Harian Kompas Edisi 25 Juli – 25 Agustus 2018. Bertujuan untuk mengetahui bagaimana surat kabar Lombok Post dan Harian Kompas menyajikan berita headline gempa bumi Lombok pada periode 25 Juli – 25 Agustus 2018. Kajian teori yang digunakan untuk menganalisis dalam penelitian ini ialah Komunikasi massa, Media Massa, Surat Kabar, Berita, Agenda Media dan Analisis Isi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan ialah metode analisis isi (content analisys). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yakni statistik deskriptif menggunakan tabel frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyajian berita berdasarkan jenis berita yang lebih mendominasi untuk dijadikan berita headline pada surat kabar Lombok Post dan Harian Kompas yaitu berita straight news atau berita langsung. Penyajian berita berdasarkan kategori berita yang lebih mendominasi pada surat kabar Lombok Post yaitu kategori Sosial. Sedangkan Harian Kompas yang lebih mendominasi yaitu kategori Penanganan. Dan penyajian berita berdasarkan luas kolom berita yang tersaji pada surat kabar Lombok Post dan Harian Kompas, yang lebih mendominasi adalah surat kabar Lombok Post dengan panjang kolom (1482,4 cmk). Sedangkan surat kabar Harian Kompas sebanyak (588,1 cmk).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Analisis Isi, Lombok Post, Harian Kompas Dan Penyajian Berita
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Dec 2020 03:45
Last Modified: 21 Dec 2020 03:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20084

Actions (login required)

View Item View Item