ANALISIS BIAYA DAN PENDAPATAN USAHA PEMBIBITAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) DI KECAMATAN SIKUR KABUPATEN LOMBOK TIMUR

LALU, MUHIBBAL FAJRI (2020) ANALISIS BIAYA DAN PENDAPATAN USAHA PEMBIBITAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) DI KECAMATAN SIKUR KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FINAL BU AYU,SKRIPSI L.M. FAJRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1.) Menganalisisis biaya dan pendapatan usaha pembibitan tanaman cabai rawit di Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur. 2.) Mengetahui kelayakan usaha pembibitan tanaman cabai rawit di Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur. 3.) Mengetahui masalah dan hambatan yang dihadapi pada usaha pembibitan tanaman cabai rawit di Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur. Hasil dari Penelitian ini menunjukkan : 1) Total rata-rata biaya usaha pembibitan Cabai rawit di Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur sebesar Rp. 2.808.676,32,-, rata-rata produksi sebesar 24.667 bibit dengan nilai produksi sebesar Rp. Rp. 4.105.000,- sehingga diperoleh Pendapatan untuk satu kali proses produksi sebesar Rp.1.296.323,68,-/LLG. 2) R/C Ratio usaha pembibitan cabai rawit di Kecamatan Sikur sebesar 1.46 atau R/C Ratio lebih besar dari 1 artinya bahwa penerimaan pada Usaha Pembibitan Cabai Rawit lebih besar dari Biaya yang di keluarkan maka usaha pembibitan tersebut sangat layak untuk di usahakan. R/C Ratio sebesar 1.46 artinya bahwa setiap penambahan input produksi sebesar Rp. 1,- maka akan memperoleh penerimaan sebesar Rp. 1.46,- dan memperoleh pendapatan sebesar Rp. 0,46,-. 3) Masalah dan Hambatan yang seringkali dihadapi oleh para pengusaha Pembibitan Cabai Rawit di Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur yaitu di antaranya ketersediaan benih unggul yang sering kosong, tanah untuk media semai, alat perlengkapan semai hanya 4 orang (66,67%) dari jumlah responden. Sedangkan masalah yang semua responden pernah mengalaminya seperti Bibit Terkena Virus, Bibit Tidak laku dan Bibit yang tidak tumbuh.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pembibitan, Cabai Rawit, Biaya, Pendapatan, Hambatan.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:46
Last Modified: 23 Dec 2020 03:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20099

Actions (login required)

View Item View Item