PERSEPSI GURU TERHADAP PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SQ3R-ST DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKn di SMPN 4 GERUNG LOMBOK BARAT

SILVIA, SILVIA (2020) PERSEPSI GURU TERHADAP PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SQ3R-ST DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKn di SMPN 4 GERUNG LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRISPSI-SILVIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru terhadap penggunaan model pembelajaran SQ3R-ST dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMPN 4 Gerung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dibantu dengan persentase dan teknik analisis Miles and Huberman.Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap penggunaan model pembelajaran SQ3R-ST dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn melalui tahap perencanaan, implementasi, dan evaluasi sudah baik. Dilihat dari aspek pembelajaran yang dilakukan, pembelajaran inovatif dengan menggunakan model pembelajaran SQ3R- ST pada komponen RPP pada bagian alat, dan media pembelajaran, skenario pembelajaran disusun dengan langkah-langkah pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik, model-model pembelajaran SQ3R-ST. Dengan demikian pelaksanaan proses pembelajaran berlansung secara kelompok, terjadinya interaksi antara siswa dan guru dalam pembelajaran. Evaluasi hasil belajar dilakukan melalui tahapan kegiatan pengukuran dengan menggunakan tes secara lisan maupun secara tulisan.Evaluasi hasil belajar menurut persepsi guru dengan menggunakan model pembelajaran SQ3R-ST bisa meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Persepsi Guru, SQ3R-ST, Hasil Belajar.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:46
Last Modified: 23 Dec 2020 03:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20102

Actions (login required)

View Item View Item