KORELASI ANTARA PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn DENGAN KESADARAN SISWA TERHADAP TATA TERTIB SEKOLAH PADA KELAS VIII SMPN 4 LINGSAR

NORMA, NORMA (2020) KORELASI ANTARA PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn DENGAN KESADARAN SISWA TERHADAP TATA TERTIB SEKOLAH PADA KELAS VIII SMPN 4 LINGSAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Norma (E1B116042).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara prestasi mata pelajaran PPKn dengan kesadaran siswa terhadap tata tertib sekolah pada kelas VIII SMPN 4 Lingsar Tahun ajaran 2019/2020. Adapun jenis penelitian yang akan digunakan oleh peneliti adalah Kuantitatif Ex-Post Facto. Sumber data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi tentang prestasi belajar mata pelajaran PPKn siswa dan angket tentang kesadaran siswa terhadap tata tertib sekolah. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, angket dan wawancara. Data penelitian yang sudah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji statistik. Korelasi product moment digunakan untuk menganalisis uji validitas butir angket serta analisis reliabilitas dengan menggunakan Cronbach’s Alpha. Untuk memenuhi syarat uji regresi terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yakni menggunakan uji normalitas kolmogrov-smirnov dan uji linieritas. Uji regresi sederhana yang sudah dilakukan menghasilkan persamaan regresi Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa terdapat korelasi yang posistif dan signifikan antara prestasi belajar mata pelajaran PPKn dengan kesadaran siswa terhadap tata tertib sekolah pada kelas VIII SMPN 4 Lingsar sebesar 57,6%. Semakin bagus prestasi belajar mata pelajaran PPKn maka semakin bagus juga kesadaran siswa terhadap tata tertib sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: prestasi, belajar, kesadaran, dan tata tertib
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:46
Last Modified: 23 Dec 2020 03:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20103

Actions (login required)

View Item View Item