PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK

Tesya, Aprilia (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Tesya Aprilia (E1Q016066).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran model quantum learning untuk meningkatkan self- efficacy dan hasil belajar fisika peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Produk yang dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), instrumen tes berupa soal, angket self- efficacy dan video pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, soal dan angket self-efficacy. Data validitas dianalisis dengan menentukan nilai Content Validity Index (CVI) dari validator ahli. Peningkatan self-efficacy dan hasil belajar fisika dianalisis dengan menentukan standar gain dari hasil sebelum dan sesudah pembelajaran. CVI silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), soal tes, angket self- efficacy dan video pembelajaran bernilai lebih besar dari nol sehingga kualitasnya masuk dalam kategori sangat baik. Reliabilitas silabus, RPP, LKPD, soal, angket self-efficacy dan video pembelajaran di atas 75 % menunjukkan keseluruhan aspek yang dinilai termasuk dalam kategori reliabel. Self-efficacy tidak mengalami peningkatan dengan nilai gain sebesar -0,002 sedangkan hasil belajar fisika mengalami peningkatan dengan nilai gain sebesar 0,114. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk meningkatakan hasil belajar fisika namun belum efektif untuk meningkatkan self-efficacy fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Model Quantum Learning, Self-Efficacy, Hasil Belajar Fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:45
Last Modified: 23 Dec 2020 03:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20110

Actions (login required)

View Item View Item