INVENTARISASI POTENSI HASIL HUTAN BUKAN KAYU PADA AREAL PROGRAM KEMITRAAN KELOMPOK TANI MITRA TANI DI KHDTK RARUNG KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Nur, Yulia Hidayati (2020) INVENTARISASI POTENSI HASIL HUTAN BUKAN KAYU PADA AREAL PROGRAM KEMITRAAN KELOMPOK TANI MITRA TANI DI KHDTK RARUNG KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NUR YULIA HIDAYATI (C1L016078) (SKRIPSI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui struktur vegetasi pada kawasan KHDTK Rarung, mengetahui potensi HHBK yang ada di KHDTK Rarung serta mengetahui nilai ekonommi HHBK yang ada di KHDTK Rarung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif, pengambilan data menggunakan metode inventarisasi, studi dokumen atau teks dan wawancara terstruktur. Analisis data yang digunakan yaitu analisis vegetasi dengan menghitung kerapatan, frekuensi, dominansi serta INP, kemudian menghitung potensi dan nilai ekonomi dengan menggunakan pendekatan jumlah hasil panen dalam sekali panen. Hasil dari penelitian menunjukan komposisi dan nilai INP tertinggi berdasarkan tingkat pertumbuhannya terdiri dari kemiri (Aleurites moluccana) pada tingkat pohon (diameter ≥35 cm), pada tingkat pohon (diameter 20-34 cm) yaitu kemiri (Aleurites moluccana), pada tingkat tiang yaitu alpukat (Persea Americana), pada tingkat pancang yaitu durian (Duria zibethinus), dan pada tingkat semai yaitu pakis (Diplazium esculentum), sedangkan struktur vegetasi pada kawasan KHDTK Rarung terdiri dari lapisan B, lapisan C, lapisan D dan lapisan E. Jenis HHBK yang memiliki potensi paling tinggi di kawasan KHDTK Rarung yaitu kemiri (Aleurites moluccana). Sedangkan jenis HHBK yang memiliki nilai ekonomi paling tinggi yaitu randu (Ceiba pentandra).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Indeks Nilai Penting; Struktur; Potensi dan Nilai Ekonomi HHBK.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:45
Last Modified: 23 Dec 2020 03:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20114

Actions (login required)

View Item View Item