PERAN PENYIDIK PEGAWAI NEGERI SIPIL (PPNS) DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA DI BIDANG CUKAI HASIL TEMBAKAU (Studi Kasus di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Mataram)

ARIF, MUNANDAR (2020) PERAN PENYIDIK PEGAWAI NEGERI SIPIL (PPNS) DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA DI BIDANG CUKAI HASIL TEMBAKAU (Studi Kasus di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ARIF MUNANDAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran PPNS dalam menanggulangi tindak pidana di bidang cukai hasil tembakau di wilayah hukum kantor Bea dan Cukai Mataram. Peneliti menemukan bahwa dalam menanggulangi tindak pidana di bidang cukai hasil tembakau, PPNS Bea dan Cukai Mataram melakukan upaya represif berupa penerapan hukum pidana di bidang cukai. Selama menanggulangi tindak pidana tersebut, PPNS Bea dan Cukai mengalami beberapa hambatan seperti kurangnya personil PPNS, sarana dan fasilitas pendukung, kurangnya kesadaran hukum masyarakat. Upaya pencegahan yang dilakukan oleh PPNS Bea dan Cukai yaitu melakukan sosilasisai secara tatap muka dan melalui sosial media dan melakukan patroli darat dan patroli laut di wilayah pulau Lombok.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Peran PPNS, Tindak Pidana, Cukai Hasil Tembakau.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Dec 2020 07:43
Last Modified: 27 Dec 2020 07:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20126

Actions (login required)

View Item View Item