IDENTIFIKASI MASALAH YANG DIHADAPI GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SDN Se-KOTA MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021

NURJANNAH, NURJANNAH (2020) IDENTIFIKASI MASALAH YANG DIHADAPI GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SDN Se-KOTA MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURJANAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi guru dalam penerapan kurikulum 2013 di SDN se-Kota Mataram. Fokus pembahasan dalam penelitian ini yaitu masalah dalam penyusunan perangkat pemelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode survei. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Subyek penelitian ini adalah guru kelas. Tempat penelitian ini di SDN Se-Kota Mataram. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan wawancara. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis data angket dengan menggunakan skala Likert. Uji validitas dalam penelitian ini yaitu dengan bantuan para ahli (judgment expert). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami oleh guru dalam penerapan kurikulum 2013 yaitu tidak serta merta berasal dari dalam diri guru itu sendiri. Ada beberapa faktor dari luar kemampuan guru yaitu faktor dari keterbatasan kemampuan peserta didik, dari institusi dan dari pemerintah. Upaya guru dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi yaitu berdiskusi dengan rekan guru di sekolah, bertanya kepada kepala sekolah, dan bertanya di forum guru.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kurikulm 2013, Masalah dalam Kurikulum 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jan 2021 00:35
Last Modified: 06 Jan 2021 00:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20319

Actions (login required)

View Item View Item