PELAKSANAAN PENDAFTARAN PENGHAPUSAN HAK TANGGUNGAN YANG SERTIFIKATNYA HILANG (Studi di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Lombok Barat)

AGUS, SETIA BUDI (2020) PELAKSANAAN PENDAFTARAN PENGHAPUSAN HAK TANGGUNGAN YANG SERTIFIKATNYA HILANG (Studi di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Lombok Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PELAKSANAAN PENDAFTARAN PENGHAPUSAN HAK TANGGUNGAN YANG SERTIFIKATNYA HILANG (STUDI DI KA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan penyelesaian pelaksanaan pendaftaran Hak Tanggungan yang sertifikat hak tanggungannya hilang oleh debitur, dan menjelaskan implikasi hukum apabila roya tersebut tidak dilaksanakan karena sertifikat hak tanggungannya telah hilang. Hasil penelitian adalah Pelaksanaan Pendaftaran Penghapusan Hak Tanggungan (Roya) terhadap Sertifikat Hak Tanggungan yang telah hilang di Kantor Badan Pertanahan Kabupaten Lombok Barat, dapat dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang telah diatur dalam Peraturan Perundang-Undangan Menteri ATR Kepala BPN Nomor 1 Tahun 2010. Implikasi Hukum apabila Penghapusan Hak Tanggungan (Roya) tersebut tidak dilaksanakan karena Sertifikat Hak Tanggungannya telah hilang, maka pemohon atau ahli waris dari debitur yang telah melakukan pinjaman pada kreditur wajib melaksanakan penghapusan hak tanggungan (roya) meskipun Sertifikat Hak Tanggungannya telah hilang, rusak, tercecer atau sebab lainnya, dengan melampirkan Akta Konsen Roya sebagai pengganti Sertifikat Hak Tanggungan yang hilang, rusak, tercecer atau sebab lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Pendaftaran, Penghapusan Hak Tanggungan, Sertifikat.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jan 2021 00:35
Last Modified: 06 Jan 2021 00:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20324

Actions (login required)

View Item View Item