PENGARUH METODE PRAKTIKUM SEDERHANA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MA HIKMATUSYSYARIEF NW SALUT

LIAN, YULIANTI (2020) PENGARUH METODE PRAKTIKUM SEDERHANA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MA HIKMATUSYSYARIEF NW SALUT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LIAN YULIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode praktikum dengan alat praktikum sederhana pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit terhadap minat belajar kimia siswa. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian true eksperimen dengan desain penelitian posttest only. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MA Hikmatusysyarief NW Salut yang terdiri dari 43 orang dan tersebar dalam 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simpel random sampling yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen yang berjumlah 20 orang dan kelas kontrol 20 orang. Kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan metode praktikum dengan alat praktikum sederhana dan kelas kontrol yang diberikan perlakuan dengan metode ceramah (konvensional). Teknik pengambilan data menggunakan instrumen berupa angket minat belajar siswa. Uji hipotesis dengan uji-t menunjukkan bahwa thitung =(9,46) > ttabel (1,68) pada taraf signifikan 5% sehingga Ha diterima. Adapun nilai rata-rata minat belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 61,17 sedengkan pada kelas kontrol sebesar 43,65. Dengan demikian metode praktikum dengan alat praktikum sederhana pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit memberikan pengaruh lebih baik terhadap minat belajar siswa di MA Hikmatusysyarief NW Salut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Metode praktikum, Alat praktikum sederhana, Angket minat belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jan 2021 07:08
Last Modified: 06 Jan 2021 07:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20340

Actions (login required)

View Item View Item