PENGARUH PUPUK ORGANIK CAIR (POC) URIN KELINCI DAN PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI SENDOK (Brassica rapa L. Subsp. chinensis)

LEGITA, DWI KURNIANTA (2020) PENGARUH PUPUK ORGANIK CAIR (POC) URIN KELINCI DAN PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI SENDOK (Brassica rapa L. Subsp. chinensis). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_LEGITA DWI KURNIANTA (E1A016037).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pupuk merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi tanaman. Pemupukan dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk anorganik maupun pupuk organik. Pemupukan dengan pupuk anorganik dalam jangka panjang tanpa ada pemberian bahan organik dapat menurunkan kesuburan tanah sehingga pertumbuhan tanaman tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk organik cair (POC) urin kelinci, pupuk NPK, dan kombinasinya terhadap pertumbuhan sawi sendok, serta mengetahui dosis pupuk terbaik terhadap respon pertumbuhan sawi sendok. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri atas 2 faktor. Faktor pertama adalah dosis POC urin kelinci dan faktor kedua adalah dosis pupuk NPK, masing-masing faktor memiliki 4 taraf pemupukan dengan 3 kali ulangan. Hasil analisis data menggunakan uji ANOVA menunjukkan bahwa pemberian POC urin kelinci, pupuk NPK, dan kombinasinya dapat meningkatkan tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, berat basah, berat kering dan klorofil total sawi sendok. Uji DMRT pada taraf 5% menunjukkan bahwa perlakuan terbaik terhadap tinggi tanaman, berat basah dan berat kering adalah dosis 6 ml POC dan 0,4 gram NPK, perlakuan terbaik terhadap jumlah daun dan luas daun adalah dosis 4 ml POC dan 0,6 gram NPK, dan perlakuan terbaik terhadap kandungan klorofil total adalah dosis 4 ml POC dan 0,4 gram NPK.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pupuk Organik Cair, Urin Kelinci, Pupuk NPK, Pertumbuhan Sawi Sendok
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jan 2021 07:08
Last Modified: 06 Jan 2021 07:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20342

Actions (login required)

View Item View Item