EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) BERBASIS ONLINE TERHADAP LITERASI INFORMASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 LABUAPI TAHUN AJARAN 2020/2021

TIA, FITRIANI (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) BERBASIS ONLINE TERHADAP LITERASI INFORMASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 LABUAPI TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_TIA FITRIANI FIXXX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan literasi informasi dan hasil belajar merupakan kemampuan yang sangat penting untuk ditingkatkan. Untuk meningkatkan kemampuan tersebut pada masa pandemi covid-19 diperlukan model pembelajaran yang mampu meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar. Salah satu model pembelajaran yang diduga mampu meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar adalah model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbasis online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas antara model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbasis online dan model pembelajaran konvensional terhadap literasi informasi dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Labuapi. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi exsperiment (eksperimen semu) dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI IPA (36 orang), teknik pengambilan sampel dengan teknik sampel jenuh. Data di analisis menggunakan ANAKOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rerata skor antara siswa yang menerapkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbasis online dan yang menerapkan pembelajaran konvensional pada variabel literasi informasi siswa yaitu 0,007 (p < 0,05) dan hasil belajar siswa yaitu 0,015 (p < 0,05). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektivitas antara model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbasis online dan model pembelajaran konvensional terhadap literasi informasi dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Labuapi tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Literasi Informasi, Hasil Belajar, Think Talk Write (TTW)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jan 2021 07:08
Last Modified: 06 Jan 2021 07:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20346

Actions (login required)

View Item View Item