PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS V SDN 42 AMPENAN

MUHAIMIN, MUHAIMIN (2020) PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS V SDN 42 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MUHAIMIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas V SDN 42 Ampenan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya membentuk karakter disiplin, sebab saat ini banyak terjadi penyimpangan-penyimpangan yang jauh dari karakter mulia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian pertempat di SDN 42 Ampenan. Sumber data primer yaitu guru dan kepala sekolah, sumber data sekunder yaitu hasil dari dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata dan gambar. Analisis data menggunakan model Miles, Humberman, dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan verivikasi data. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa bentuk karakter disiplin siswa di SDN 42 Ampenan adalah disiplin waktu, disiplin menegakkan aturan, disiplin sikap dan disiplin dalam beribadah, sedangkan peran guru kelas V dalam pembentukan karakter disiplin siswa di SDN 42 Ampenan yaitu guru sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pelatih, dan evaluator. Hasil dari penelitian ini ditunjukkan dengan perubahan sikap dan perilaku peserta didik ke arah yang lebih baik dengan mencerminkan kebiasaan mematuhi peraturan- peraturan yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peran Guru, Bentuk Karakter, Karakter Disiplin
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jan 2021 07:29
Last Modified: 06 Jan 2021 07:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20351

Actions (login required)

View Item View Item