PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKANPENGUASAAN KONSEP ALAT-ALAT OPTIK

IBNU SAPUTRA, M (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKANPENGUASAAN KONSEP ALAT-ALAT OPTIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan reliabilitas perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing berbantuan media audiovisual untuk meningkatkan penguasaan konsep optika geometri. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (Research and Development) dengan rancangan penelitian pengembangan modifikasi model Borg dan Gall. Subjek penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran berbasis model inkuiri terbimbing berbantuan media audiovisual. Pengambilan data penelitian menggunakan lembar validasi yang dinilai oleh 4 validator ahli yang terdiri dari 2 orang dosen pendidikan fisika dan 2 orang guru mata pelajaran fisika. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif dari penilaian validator terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran tersebut meliputi silabus, RPP, LKPD, video pembelajaran dan tes penguasaan konsep. Penelitian ini melakukan uji validitas dan reliabilitas untuk menentukan kelayakan dari perangkat pembelajaran. Data hasil validitas diperoleh nilai 3,33 untuk silabus, 2,98 untuk RPP, 3,07 untuk LKPD, 3,08 untuk video pembelajaran dan 3,00 untuk Tes penguasaan konsep, sehingga rata-rata validitas perangkat pembelajaran berada pada kategori valid dengan tingkat validitas yaitu 3,09, selanjutnya yaitu uji reliabilitas, diperoleh hasil interval koefisien yaitu 0,886 untuk silabus, 0,808 untuk RPP, 0,829 untuk LKPD, 0,894 untuk video pembelajaran dan 0,702 untuk tes penguasaan konsep, sehingga rata-rata interval koefisien reliabilitas yaitu 0,823 dengan kategori sangat tinggi. Kesimpulannya bahwa perangkat pembelajaran telah layak dalam arti valid dan reliable untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Pengembangan perangkat pembelajaran, model inkuiri terbimbing, penguasaan konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Jan 2021 07:07
Last Modified: 07 Jan 2021 07:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20407

Actions (login required)

View Item View Item