PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK, PAIR, SHARE) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS IV A SDN 5 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2020/2021

Dwi, Hilda Angriyani (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK, PAIR, SHARE) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS IV A SDN 5 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DWI HILDA ANGRIYANI (E1E216046).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas IV A SDN 5 Cakranegara tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat secara teoritis maupun praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian repeated treatment. Subyek dalam penelitian ini adalah 8 orang peserta didik kelas IV A SDN 5 Cakranegara yang memiliki nilai kurang dari KKM. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan tes unjuk kerja dan observasi. Tes unjuk kerja digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan keterampilan berbicara peserta didik, sedangkan observasi digunakan untuk memperoleh data keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus anova repeated measure untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap keterampilan berbicara peserta didik. Berdasarkan hasil uji anova repeated measure diperoleh angka signifikansi 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 dinyatakan ditolak dan Hɑ dinyatakan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TPS (Think Pair Share) berpengaruh terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas IV A SDN 5 Cakranegara tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share), Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Jan 2021 07:07
Last Modified: 07 Jan 2021 07:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20408

Actions (login required)

View Item View Item