PENINGKATAN PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KAILAN (Brassica oleraceae var. achephala) DENGAN PERLAKUAN PUPUK ORGANIK CAIR DAN PUPUK GUANO BURUNG WALET DENGAN KONSENTRASI YANG BERBEDA

Nurul, Imani (2020) PENINGKATAN PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KAILAN (Brassica oleraceae var. achephala) DENGAN PERLAKUAN PUPUK ORGANIK CAIR DAN PUPUK GUANO BURUNG WALET DENGAN KONSENTRASI YANG BERBEDA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RUNY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pertumbuhan dan hasil tanaman kailan (Brassica oleraceae var. achepala) dengan perlakuan pupuk organik cair dan pupuk burung walet dengan konsentrasi yang berbeda. Percobaan ini dilaksanakan pada bulan April 2020 sampai Juni 2020 di DusunKarangTembe, Desa Penimbung, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Rancangan percobaan yang digunakan dalam percobaan ini adalah rancangan acak lengkap faktorial (RALF) dengan dua faktor Perlakuan konsentrasi pupuk organik cair orrin terdiri atas tiga (3) aras yaitu O1= 0 mL/ L, O2= 5 mL/L, O3= 10 mL/L dan pupuk guano burung walet terdiri atas dua (2) aras yaitu W1= 20 g/tanaman, 30 g/tanaman. Setiap perlakuan diulang sebanyak tiga (3) kali, sehingga didapatkan 18 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada komponen pertumbuhan aplikasi pupuk orrin dan pupuk guano burung walet tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan tinggi tanaman (cm), pertambahan jumlah daun (helai), pertumbuhan diameter batang (cm), pertumbuhan panjang daun (cm), pertambahan lebar daun (cm), berat berangkas basah (g), dan berat berangkas kering (g).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Tanaman Kailan, Pupuk Organik Cair, Pupuk Guano Burung Walet.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Jan 2021 07:07
Last Modified: 07 Jan 2021 07:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20410

Actions (login required)

View Item View Item