IDENTIFIKASI SENYAWA ANTIDIABETES DALAM DAUN PETAI CINA (Leucaena glauca Linn) YANG BERASAL DARI LOKASI PENANAMAN DI PULAU LOMBOK

UMAM, FAHROROZI (2020) IDENTIFIKASI SENYAWA ANTIDIABETES DALAM DAUN PETAI CINA (Leucaena glauca Linn) YANG BERASAL DARI LOKASI PENANAMAN DI PULAU LOMBOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen senyawa yang ada pada ekstrak metanol, n-heksan dan DCM daun petai cina serta mengetahui senyawa metabolit sekunder apakah yang kemungkinan biologis sebagai sebagai antidiabetes pada daun petai cina. Penelitian bersifat eksploratif eksperimental dengan menggunakan teknik analisis GC-MS, dimana sampel diekstraksi dengan metode maserasi, ekstrak daun petai cina dipartisi dengan fraksi n-heksan dan DCM yang kemudian masing-masing fraksi di analisis menggunakan GC-MS. Hasil analisis GC-MS teridentifikasi adanya senyawa hidrokarbon seperti decane, tetradecane, tridecane, asam linoleat, asam palmitat, phytol, squalen dan mome inositol. Senyawa yang berpotensi sebagai antidiabetes adalah phytol dan mome inositol yang terdeteksi pada fraksi n-heksan daun petai cina sebesar 21,70 % , dan sebesar 6, 68 %.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Diabetes, Daun Petai Cina (Leucaena glauca Linn), GC-MS, Phytol.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Jan 2021 06:17
Last Modified: 08 Jan 2021 06:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20416

Actions (login required)

View Item View Item