ARTIKEL B4: PENGARUH FREE CASH FLOW DAN LEVERAGE TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Putra, I Nyoman Nugraha Ardana ARTIKEL B4: PENGARUH FREE CASH FLOW DAN LEVERAGE TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Distribusi, 1 (2). pp. 1-13. ISSN 0853-957X (P-ISSN) dan 2477-1767 (E-ISSN)

[img]
Preview
Text
ARTIKEL B-4.pdf

Download (737kB) | Preview
Official URL: https://distribusi.unram.ac.id/index.php/distribus...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh free cash flow dan leverage terhadap harga saham dengan menggunakan kebijakan dividen sebagai variabel intervening, dimana kebijakan dividen diproksikan dengan dividend payout ratio (DPR). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis dilakukan menggunakan metode analisis jalur (path analysis). Sampel penelitian diambil dari industri manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama kurun waktu 2010 – 2014 dengan metode purposive sampling. Diperoleh 16 perusahaan sebagai sampel, yang diobservasi selama 5 tahun dengan total observasi sebanyak 80. Hasil penelitian menunjukkan bahwa free cash flow dan leverage memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap harga saham. Pengaruh langsung free cash flow terhadap kebijakan dividen adalah signifikan, sedangkan leverage tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kebijakan dividen tidak dapat memediasi pengaruh free cash flow dan leverage terhadap harga saham.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): free cash flow, leverage, harga saham, kebijakan dividen.
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Dr. I Nyoman Nugraha Ardana Putra
Date Deposited: 08 Jan 2021 06:17
Last Modified: 08 Jan 2021 06:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20421

Actions (login required)

View Item View Item