PENGARUH MEDIA BATANG NAPIER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN SISWA KELAS III SDN 3 DANGER PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA TAHUN AJARAN 2020/2021

Alwi, Muh. (2020) PENGARUH MEDIA BATANG NAPIER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN SISWA KELAS III SDN 3 DANGER PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Muh. Alwi_E1E016090 Universitas Mataram.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen. Desain penelitian pada penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, dipilih satu kelas secara acak untuk menentukan kelas eksperimen. Kelas eksperimen menerima pembelajaran dengan menggunakan media Batang Napier.. Sample penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III SDN Danger yang berjumlah 22 siswa, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dan observasi. Instrumen dalam penelitian ini yaitu, lembar observasi keterlaksaan pembelajaran dan lembar tes pemahaman konsep perkalian. Syarat yang harus dipenuhi dalam uji-t yaitu: (1) Uji normalitas, (2) Uji homogenitas dan (3) Uji-t menggunakan Independent Sample T-test. Hasil penelitian yaitu s i g . t a i l e d ( 0 , 0 0 ) < 0 , 0 5 , selain itu dapat menggunakan perbandingan nilai thitung dengan ttabel diperoleh hasil thitung(20.039) > ttabel(2.079) yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak sehingga Ada Pengaruh Media Batang Napier Terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Kelas III. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan menggunakan media Batang Napier berpengaruh lebih efektif terhadap kemampuan operasi perkalian dibandingkan dengan pembelajaran matematika tanpa menggunakan media.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Batang Napier, Pemahaman Konsep Perkalian, Matematika SD.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Jan 2021 03:30
Last Modified: 11 Jan 2021 03:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20436

Actions (login required)

View Item View Item