PENERAPAN PIDANA TERHADAP TINDAK PIDANA PENYERANGAN SECARA BERSAMA-SAMA YANG MENGAKIBATKAN KEMATIAN (STUDI PUTUSAN No.10/PID.B/2019/PN.JBG)

BAIQ, LINDAWATI PRATIWI (2020) PENERAPAN PIDANA TERHADAP TINDAK PIDANA PENYERANGAN SECARA BERSAMA-SAMA YANG MENGAKIBATKAN KEMATIAN (STUDI PUTUSAN No.10/PID.B/2019/PN.JBG). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ LINDAWATI. P.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pidana serta pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap terdakwa tindak pidana penyerangan secara bersama-sama yang mengakibatkan kematian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian hukum normatif-interpretasi. Berdasarkan hasil penelitian penerapan pidana Pasal 170 ayat (1) (2) ke 3 KUHP dalam perkara ini kurang tepat karena tidak bersesuaian dengan keterangan saksi dan fakta yang terungkap dipersidangan dan lebih bersesuaian menggunakan Pasal 358 ayat (2) KUHP. Adapun pertimbangan Majelis Hakim sudah sesuai dengan aturan hukum yang berlaku karena berdasarkan tiga alat bukti yang sah yaitu keterangan saksi dan terdakwa, surat berupa Visum et Repertum, serta barang bukti.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Penerapan Pidana, Penyerangan Secara Bersama-sama, Kematian
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Jan 2021 07:13
Last Modified: 11 Jan 2021 07:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20458

Actions (login required)

View Item View Item