PENGARUH PENAMBAHAN JAHE (Zingiber officinale var. amarum) PADA PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN TINGKAT KELANGSUNGAN HIDUP IKAN MAS (Cyprinus carpio)

NINING, SYAFIRAH (2020) PENGARUH PENAMBAHAN JAHE (Zingiber officinale var. amarum) PADA PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN TINGKAT KELANGSUNGAN HIDUP IKAN MAS (Cyprinus carpio). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Nining Syafirah_C1K016069 OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)

Abstract

ABSTRAK Ikan mas merupakan salah satu ikan budidaya air tawar yang digemari karena salah satu komoditas air tawar yang bernilai ekonomis dan di jual dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan. Jahe merupakan salah satu bahan alami yang dapat memacu pertumbuhan ikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan jahe pada pakan dan untuk mengetahui dosis jahe yang baik untuk pertumbuhan dan tingkat kelangsungan hidup ikan mas (Cyprinus carpio). Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimental menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 kali ulangan. Perlakuan yang diberikan yaitu : Perlakuan 1: 0 gram, tanpa penambahanjahe/ kg pakan (kontrol), Perlakuan 2 : 2,5 gramjahe /kg pakan, Perlakuan 3 : 5 gram rimpang jahe /kg pakan, Perlakuan 4 : 7,5 gram jahe /kg pakan, Perlakuan 5 : 10 gram jahe /kg pakan. Hasil menunjukkan Penambahanjahe memberikan pengaruh yang tidak signifikan terhadap pertumbuhan panjang mutlak, pertumbuhan berat mutlak, FCR, dan EP, akan tetapi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap SR ikan mas (cyprinus corpio).Dan dosis jahe yang baik yaitu pada perlakuan P2 dengan dosis jahe 2,5 gram, karena sudah mampu memperlihatkan tingkat kelangsungan hidup yang baik yaitu 100%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Ikan Mas, Jahe, Pertumbuhan, Tingkat Kelangsungan Hidup.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jan 2021 00:52
Last Modified: 13 Jan 2021 00:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20478

Actions (login required)

View Item View Item