PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL BERBASIS MASALAH PADA MATERI ELASTISITAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK

VIA, MONICA DEVI (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL BERBASIS MASALAH PADA MATERI ELASTISITAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI R&D (Via Monica D.)-FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika yang valid, efektif, dan efisien dengan menggunakan model berbasis masalah pada materi elastisitas untuk meningkatkan kemampuan generik sains (KGS) peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Perangkat yang dikembangkan pada penelitian ini adalah silabus, RPP, LKPD, dan soal tes KGS. Pada tahap Define dilakukan analisis awal hingga perumusan tujuan pembelajaran. Selanjutnya untuk tahap Design dilakukan perancangan dan penyusunan produk berupa perangkat pembelajaran. Kemudian pada tahap Develop dilakukan uji validitas, dimana kevalidan perangkat yang dikembangkan diperoleh berdasarkan validitas dari enam validator yaitu tiga validator ahli dan tiga validator praktisi. Kevalidan perangkat kemudian dianalisis dengan menggunakan skala Likert, dimana diperoleh rata-rata validitas diatas 3.26 dengan kategori sangat baik. Setelah dilakukan uji validitas, maka perangkat pembelajaran dilakukan uji coba terbatas yang bertujuan untuk mengukur keefektifan perangkat. Keefektifan perangkat diperoleh berdasarkan analisis lembar observasi keterlaksanaan RPP dari tiga orang observer yang kemudian ditentukan dengan menggunakan perhitungan Interjudge Agreement (IJA) dan uji N-Gain. Hasil analisis perhitungan IJA menunjukkan keterlaksaaan pembelajaran diatas 75% dan hasil uji N-Gain untuk peningkatan KGS adalah 0.54 dengan kategori sedang, dengan rincian nilai rata-rata untuk pretest adalah 36.91 dan untuk rata-rata nilai posttest adalah 68.75. Selanjutnya, keefisienan perangkat ditentukan dari respon peserta didik dan respon guru, dimana pembelajaran daring yang dilakukan berdasarkan respon peserta didik menunjukkan bahwa peserta didik kurang puas dikarenakan adanya beberapa kendala salah satunya adalah keterbatasan kuota internet peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: perangkat pembelajaran, pembelajaran berbasis masalah, generik sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jan 2021 00:52
Last Modified: 13 Jan 2021 00:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20480

Actions (login required)

View Item View Item