MAULIDA, RIZKA MARDIYANTI (2020) PENGARUH METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN 2 BAGIK PAYUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI_MAULIDA RIZKA MARDIYANTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita berbantuan media gambar terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 2 Bagik Payung Timur. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat secara teoristis maupun praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian repeated treatment. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Bagik Payung Timur. Metode pengumpulan data yaitu obsevasi dan tes keterampilan berbicara. Tes keterampilan berbicara digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan keterampilan berbicara siswa, Sedangkan observasi digunakan untuk memperoleh data keterlaksaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Data yang diperoleh kemudian di analisis menggunakan rumus anova repeated measure untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode bercerita berbantuan media gambar terhadap keterampilan berbicara siswa. Berdasarkan hasil uji anova repeated measure diperoleh angka signifikansi 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ho dinyatakan ditolak Ha dinyatakan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa metode bercerita berbantuan media gambar berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV Bagik Payung Timur tahun ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata Kunci: Metode Bercerita Berbantuan Media Gambar, Keterampilan Berbicara |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 14 Jan 2021 01:11 |
Last Modified: | 14 Jan 2021 01:11 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20488 |
Actions (login required)
View Item |