HIDAYATUR ROHMAN, MUH (2020) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER(STUDI DESKRIPTIF DI PONDOK PESANTREN AL-ISHLAHUDDINY KEDIRI LOMBOK BARAT). S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI MUH HIDAYATUR ROHMAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakteri di Pondok Pesantren Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data mengggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada program pendidikan karakter di Asrama tempat tinggal santri dan madrasah. Program pendidikan karakter tebagi menjadi tiga kegiatan yaitu kegiatan rutin, kegiatan spontan dan kegiatan ko-kurikuler dan kegiatan ekstrakulikulersedangkan proses pelaksanaan pendidikan karakter di Ponodok Pesantren Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat melalui kegiatan pembelajarandilakukan melalui tiga tahap yang meliputi: (1) tahap perencanaan pembelajaran yakni guru mencantumkan nilai karakter dalam silabus atau RPP; (2) tahap pelaksanaan pembelajaran yakni guru menggunakan media dan metode pembelajaran; (3) tahap evaluasi pembelajaran yakni guru menggunakan penilaian menggunakan soal ulangan untuk mengukur pengetahuan siswa dan menggunakan teknik observasi untuk menilai sikap siswa. Adapun faktor pendukung pelaksanaan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Baratberasal dari sekolah dan pemerintah, sedangkan faktor penghambatnya berasal dari siswa, orang tua dan guru.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pondok Pesantren |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 14 Jan 2021 04:07 |
Last Modified: | 14 Jan 2021 04:07 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20493 |
Actions (login required)
View Item |