PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 6 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2019/2020

ASMAWATI, ASMAWATI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 6 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PDF SKRIPSI ASMAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL)Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 6 Cakranegara Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis penelitian Quasi ExperimentalTipe Nonequivalent Control Group Design.populasi penelitian ini adalah seluruh seluruh siswa kelas v sdn 6 cakranegara. Teknik ini pengambilan sampel yang digunakan adalah samling jenuh dengan sampel sebanyak siswa 29 kelas VA dan 29 siswa kelas VB SDN 6 Cakranegara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar menggunakan tes berupa pilihan ganda (pre-testdan post-test). Data ini dianalisis dengan bantuan SPSS versi 16. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan perhitungan Uji Independent Sampel T-Test.Hasil penelitian menunjukan nilai nilai t-hitung3,172 > t-tabel1,176 pada signifikansikan 5% dengan df= 56, maka Ha diterima dan Ho ditolak.hipotesis penelitian diterima berbunyi pada pengaruh model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL)Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 6 Cakranegara Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Contextual Teaching And Learning(CTL), hasil belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Jan 2021 04:20
Last Modified: 14 Jan 2021 04:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20496

Actions (login required)

View Item View Item