HUBUNGAN ASUPAN ASAM FOLAT, VITAMIN B6, DAN VITAMIN B12 DENGAN NILAI ANKLE BRACHIAL INDEXPASIEN PENYAKIT ARTERI PERIFER PADA POPULASI DI KOTA MATARAMPUBLIKASI ILMIAH

Margian, Tri Qurniadi (2020) HUBUNGAN ASUPAN ASAM FOLAT, VITAMIN B6, DAN VITAMIN B12 DENGAN NILAI ANKLE BRACHIAL INDEXPASIEN PENYAKIT ARTERI PERIFER PADA POPULASI DI KOTA MATARAMPUBLIKASI ILMIAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)

Abstract

Latar belakang: Penyakit Arteri Perifer (PAP) adalah penyumbatan pembuluh darah secara parsial hingga total pada pembuluh darah terutama di kaki. Nilai Ankle Brachial Index (ABI) merupakan alatuntuk skriningdan diagnosis. Homosistein yang berlebihan di dalam tubuh merupakan faktor risiko dari PAP. Defisiensi asam folat, vitamin B6, dan vitamin B12 menganggu metabolisme homosistein dan meningkatkan risiko PAP secara tidak langsung. Metode:Penelitian ini merupakan penelitian potong lintang yang dilakukan di Rumah Sakit Islam Siti Hajar Kota Mataram. Jumlah sampel penelitian adalah 52yang merupakanpasien penyakit arteri perifer dengan nilai ABI <0,90. Pengambilan data asupan asam folat, vitamin B6, dan vitamin B12 harian menggunakan metode 24-hours food recall. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode consecutive sampling.Analisis data menggunakan uji korelasi Spearman.Hasil: Rata-rata asupan asam folat, vitamin B6, dan vitamin B12 harian pada sampel penelitian kurang dari 50% angka kecukupan gizi harian yang dianjurkan untuk masyarakat Indonesia. Rata-rata nilai ABI yang diperoleh pada sampel penelitian adalah 0,79. Hasil uji korelasi Spearmanantara nilai ABI dengan asupan asam folat menunjukkannilaip= 0,02dan r = 0,322. Hasil uji korelasi Spearman antara nilai ABI dengan asupan vitamin B6 menunjukkannilaip = 0,167. Hasil uji korelasi Spearman antara nilai ABI dengan asupan vitamin B12 menunjukkan nilai p= 0,800. Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara nilai ABI dengan asupan asam folatdan hubungan yang tidak signifikan antara nilai ABI dengan vitamin B6 dan vitamin B12.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Penyakit Arteri Perifer, Ankle Brachial Index, Asam Folat, Vitamin B6, Vitamin B12
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Jan 2021 04:20
Last Modified: 14 Jan 2021 04:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20497

Actions (login required)

View Item View Item