PELAKSANAAN PEMBERIAN KREDIT OLEHBANK PENGKREDITAN RAKYAT DENGAN JAMINAN FIDUSIA (Studi Di PT BPR Prima Nadi Cab. Lotim)

NADIYA, MELANI WIDHI (2020) PELAKSANAAN PEMBERIAN KREDIT OLEHBANK PENGKREDITAN RAKYAT DENGAN JAMINAN FIDUSIA (Studi Di PT BPR Prima Nadi Cab. Lotim). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NADIYA MELANI WIDHI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PELAKSANAAN PEMBERIAN KREDIT OLEHBANK PENGKREDITAN RAKYAT DENGAN JAMINAN FIDUSIA(Studi Di PT BPR Prima Nadi Cab. Lotim)NADIYA MELANI WIDHID1A017219FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS MATARAMABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pemberian kredit dengan jaminan fidusia dan penyelesaian kredit bermasalah serta tanggung jawab hukum nasabah di PT. BPR Prima Nadi Cab. Lotim. Pelaksanaan penelitian menggunakan metode penelitian Normatif Empiris. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini ialah tentang pelaksanaan pemberian kredit dengan jaminan fidusia dan bagaimana penyelesaian kredit bermasalah serta tanggung jawab nasabah di PT. BPR Prima Nadi Cab. Lotim. Dalam praktek hasil lapangan yang diteliti penulis jika dalam kredit bermasalah debitur terbukti melakukan wanprestasi maka kreditur dapat mengeksekusi barangjaminan fidusia apabila terbukti melakukan wanprestasi dan tidak ada itikad baik debitur pada saat negosiasi. Pelaksanaan penarikan barang jaminan fidusia yang dilakukan PT. BPR Prima Nadi berpedoman pada Pasal 29 Undang-Undang Nomor 42 Tahun 1999 Tentang Jaminan Fidusia serta mengikuti prosedur Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 18/PUU-XVII/2019dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 11/POJK.03/2020. Barang hasil eksekusi dapat dilelang pihak PT. BPR Prima Nadi secara umum yang didaftarkan pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) dan secara sukarela yang barang jaminannya diserahkan langsung pihak debitur kepada kreditur karena tidak sanggup membayar angsuran hutang untuk dilakukan pelelangan di bawah tangan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pelaksanaan, Kredit Bermasalah, Eksekus
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Jan 2021 07:24
Last Modified: 14 Jan 2021 07:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20502

Actions (login required)

View Item View Item