MODELPERAMALANINDEKSHARGAKONSUMENMENGGUNAKAN GENERALIZEDSPACETIME AUTOREGRESSIVE(GSTAR)(Studi Kasus : Kota Mataram dan Kota BimaNusa Tenggara Barat)

MARLYANA, YUNITA (2020) MODELPERAMALANINDEKSHARGAKONSUMENMENGGUNAKAN GENERALIZEDSPACETIME AUTOREGRESSIVE(GSTAR)(Studi Kasus : Kota Mataram dan Kota BimaNusa Tenggara Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi-Marlyana Yunita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi Nusa Tenggara Baratpada tahun 2017sebesar 0,11 persen. Angka capaian tersebut sangat jauh dibawah pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,07 persen. Salah satu indikatorekonomi yang dianggap penting untuk mewujudkan pembangunan dalam bidang ekonomi yang bertujuan meningkatkan pendapatan masyarakat adalah Indeks Harga Konsumen (IHK). Penelitian ini bertujuan untuk meramalkan IHKKota Mataram dan Kota Bima. Data yang digunakan adalah datatahun 2014 hingga tahun 2017, yang digunakan untuk meramalkan nilai IHK Kota Mataram dan Kota Bima tahun2018. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah model Generalized Space Time Autoregressive(GSTAR), dengan bobot invers jarak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model terbaik yang diperoleh adalah 1I1GSTAR1dengan ketepatan model untuk IHK Kota Mataram berdasarkanindikatorMean Absolute Percentage Error (MAPE) sebesar 1,8520% yang menunjukkan bahwa model sangat baik digunakan dalam peramalan, sedangkan ketepatan model untuk IHK Kota Bima berdasarkanindikatorMean Absolute Percentage Error (MAPE) sebesar1,6279% yang menunjukkan bahwa model sangat baik digunakan dalam peramalan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: GSTAR, Indeks Harga Konsumen, MAP
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jan 2021 14:32
Last Modified: 22 Jan 2021 14:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20509

Actions (login required)

View Item View Item