PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KESETARAAN GENDER DI DUSUN SADE DESA RAMBITAN KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

DESI, SARDIANA (2020) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KESETARAAN GENDER DI DUSUN SADE DESA RAMBITAN KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DESI SARDIANA (E1B016013).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Persepsi masyarakat terhadap kesetaraan gender di Dusun Sade Desa Rambitan Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi Persepsi masyarakat terhadap kesetaraan gender di Dusun Sade Desa Rambitan Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang telah terkumpul di analisis secara deskriptif melalui langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan dalam penelit ian ini yaitu: (1) Persepsi masyarakat terhadap kesetaraan gender di Dusun Sade Desa Rambitan Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah Kesetaraan gender pada masyarakat Dusun Sade tidak berlaku atau belum tercapai, karena masyarakat memandang perempuan sebagai makhluk yang kodratnya pada area domestik, seperti bekerja di dapur, mengurus anak, dan menenun sedangkan laki-laki memiliki ruang lingkup yang leluasa dalam menentukan pekerjaannya. (2) Faktor- faktor yang mempengaruhi Persepsi masyarakat terhadap kesetaraan gender di Dusun Sade Desa Rambitan Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat terdiri dari dua faktor yaitu faktor internal yang meliputi perhatian dan pengalaman sedangkan faktor eksternal meliputi informasi dan budaya/lingkungan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Persepsi Masyarakat, Kesetaraan Gender
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jan 2021 14:31
Last Modified: 22 Jan 2021 14:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20514

Actions (login required)

View Item View Item