PENGARUH METODE PRAKTIKUM SEDERHANA PADA MATERI KEPOLARAN SENYAWA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X DI SMAIT DARUL WAHDAH GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT

ZELISA, NUDIA FITRI (2020) PENGARUH METODE PRAKTIKUM SEDERHANA PADA MATERI KEPOLARAN SENYAWA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X DI SMAIT DARUL WAHDAH GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ZELISA NUDIA FITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran praktikum sederhana. Alat praktikum yang digunakan pada proses pembelajaran dibuat sendiri oleh peneliti menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di lingkungan sekitar dan bersifat lebih ekonomis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif true experimental design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah metode praktikum dan minat belajar siswa sebagai variabel terikat. Sampel pada penelitian ini adalah siswa SMA kelas X IPA yang berjumlah 30 orang yang terbagi menjadi kelas eskperimen dan kelas kontrol dengan cara pengundian lot nama siswa Pemilihan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket minat belajar yang terlebih dahulu diuji validitasnya sebelum digunakan. Tehnik analisis data menggunakan analisis inferensial. Analisis statistik inferensial menggunakan uji asumsi dan uji hipotesis. Uji asumsi digunakan uji normalitas dan homogenitas. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan nilai thitung= 3,669 . Nilai thitung dikonsultasikan dengan harga ttabel pada taraf signifikan 5% dan dk= 28 yaitu sebesar 1,701. Nilai ttabel < thitung hal ini menunjukkan bahwa uji hipotesis menerima Ha yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan metode praktikum sederhana pada materi kepolaran senyawa terhadap minat belajar siswa kelas X IPA di SMAIT Darul Wahdah Gerung.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Metode praktikum sederhana, minat belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jan 2021 14:31
Last Modified: 22 Jan 2021 14:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20515

Actions (login required)

View Item View Item