META-ANALISIS PENGARUH STRATEGI KWL (KNOW, WANT, LEARNED) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR

FITRIANA, FITRIANA (2020) META-ANALISIS PENGARUH STRATEGI KWL (KNOW, WANT, LEARNED) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Fitriana E1E016042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membandingkan besar pengaruh strategi KWL terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas tinggi di sekolah dasar dilihat dari keseluruhan hasil penelitian-penelitian sebelumnya. Metode penelitian yang digunakan adalah studi meta-analisis, dengan sampel sebanyak 7 artikel ilmiah yang telah dipublikasikan di jurnal nasional, dan instrumen berupa pemberian kode (coding category) pada setiap artikel dengan berpacu pada kriteria yang telah dibuat. Analisis data dilakukan menggunakan analisis gain score. Hasil analisis gain score menunjukkan besar pengaruh strategi KWL dari masing-masing penelitian yaitu X1, X2, X4, X5, X6, X9, X10 memberikan besar keefektifan yang hampir sama, yaitu 6 diantaranya dalam interpretasi sedang dan 1 artikel memberikan interpretasi tinggi serta hasil rata-rata jika ditinjau secara keseluruhan besar pengaruh yang diberiberikan sebesar 0,53 dengan interpretasi sedang. Jadi dapat disimpulkan bahwa strategi KWL jika ditinjau dari penelitian terdahulu termasuk dalam kategori sedang, oleh karena itu penggunaan strategi KWL sebagai salah-satu alternatif pilihan dalam pembelajaran membaca pemahaman dapat disarankan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata Kunci: Strategi KWL, Kemampuan Membaca Pemahaman.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jan 2021 14:31
Last Modified: 22 Jan 2021 14:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20516

Actions (login required)

View Item View Item