PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED TEACHING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN GUGUS 2 KECAMATAN KILO TAHUN AJARAN 2020/2021

Imam, Wahyudin (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED TEACHING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN GUGUS 2 KECAMATAN KILO TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IMAM WAHYUDIN (E1E216080).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Guided Teaching Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Mata Pembelajaran IPS Kelas V SDN Gugus 2 Kecamatan Kilo Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan kategori Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Grup Design.Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi,tes hasil belajar dan dokumentasi.. Data hasil observasi aktivitas guru dan siswa termasuk dalam kategori “sangat baik dan baik” karena memiliki skor 96 untuk aktivitas guru dan skor 89 untuk aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Guided Teachinglebih tinggi dibandingkan sebelum diberi perlakuan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar sebelum diberi perlakuan, yakni 60 pada pre-test, Setelah diberi perlakuan rata-rata hasil belajar siswa meningkat, yakni 82 pada post-test. Berdasarkan hasil Uji hipotesis diperoleh thitung = 2,93 dan ttabel = 1,60 pada taraf signifikan 5%, dengan begitu dapat ditarik kesimpulan bahwa setidaknya ada dua kelompok data yang berbeda secara signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Guided Teaching Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Mata Pembelajaran IPS Kelas V SDN Gugus 2 Kecamatan Kilo Tahun Ajaran 2020/2021. Sedangkan pada hasil uji Effect Size besar pengaruh model pembelejaran kooperatif tipe guided teaching terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa yakni 1,2 dan berada pada kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci :Guided teaching, aktifitas dan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jan 2021 14:31
Last Modified: 22 Jan 2021 14:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20517

Actions (login required)

View Item View Item