PENGARUH METODE KARYAWISATA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MELATI INDAH SAYANG-SAYANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

INTAN, ROHANI (2020) PENGARUH METODE KARYAWISATA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MELATI INDAH SAYANG-SAYANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Intan Rohani (E1F016034).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode karyawisata terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Melati Indah Sayang-sayang tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif komparatif dalam bentuk eksperimen yaitu Quasi Eksperimental Design. Subyek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Melati Indah Sayang-sayang tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 13 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi menggunakan instrumen penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu teknik analisis komparatif dengan menggunakan uji beda yaitu uji tanda (sign test). Hasil penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh data pre-test kemandirian anak bahwa rata-rata indikator tertinggi yaitu anak mengungkapkan kegiatan yang paling disenangi (rata-rata 2,61) sedangkan rata-rata indikator terendah yaitu anak bercerita tentang kegiatan yang telah dilakukan dari awal kegiatan sampai kegiatan terakhir (rata-rata 1,46). Dan diperoleh data post-test kemandirian anak bahwa rata-rata tertinggi pada 2 indikator yaitu anak mengikuti kegiatan pembelajaran tanpa ditemani orang lain (rata-rata 3,69), dan anak mengikuti kegiatan pembelajaran sampai selesai (rata-rata 3,69), sedangkan rata- rata terendah kemandirian anak pada indikator anak bercerita tentang kegiatan yang telah dilakukan dari awal kegiatan sampai kegiatan terakhir (rata-rata 2,15). Berdasarkan data tersebut terdapat perbedaan nilai rata-rata antara data pre-test lebih kecil dengan nilai rata-rata data post-test lebih besar. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis data menggunakan rumus uji tanda (sign test) yaitu α ≥ p (0,05 ≥ 0,0001) sehingga, Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya bahwa ada pengaruh metode karyawisata terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Melati Indah Sayang-sayang tahun pelajaran 2020/2021. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa antara pre-test dan post-test terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Metode Karyawisata, Kemandirian Anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jan 2021 14:31
Last Modified: 22 Jan 2021 14:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20518

Actions (login required)

View Item View Item